Minggu, 23 Juni 2013

TATA CARA JALUR MANDIRI UNAIR

Dalam rangka mendekati pengumuman SBMPTN tahun 2013 dan mendekatai tes Jalur Mandiri UNAIR, di post kali ini aku mau sedikit banyak jelasin tentang jalur mandiri unair hohoho
aku sendiri masuk unair dulu juga lewat jalur ini, soalnya gak keterima jalur snmptn tulis T.T, ada di postku sebelumnya hehehe
Hmmm... jadi gini, dulu itu pas aku gak keterima snmptn tulis (2012) aku langsung berencana daftar jalur mandiri di unair, kenapa unair? soalnya di its jalur mandirinya termasuk lumayan mahal :'''''' terus di Universitas Brawijaya jauuuh :''''''' aku dulu nyoba2 ikut jalur mandiri di UNAIR sama UNESA.
oke jadi kali ini aku akan lebih membahas tentang Jalur Mandiri Universitas Airlanggaku tercinta ^^ xoxoxoxoxo
Dulu sebelum aku daftar jalur mandiri ini banyak yang bilang dan beranggapan kalo jalur ini tuh jalurnya banyak2an duit biar bisa masuk unair, padahal kenyataannya NGGAK sepenuhnya benar. Memang sih untuk biaya SP3 (bisa disebut uang gedung yg dibayar langsung pas udah keterima) dan SOp (semacam uang SPP yang dibayar tiap semester) jauuuuuh lebih mahal dari biaya SOP dan SP3 kalo kalian masuk lewat jalur snmptn tulis dan undangan ... hiks :'''''''''
TAPI, itu BUKAN BERARTI yang keterima jalur mandiri adalah yang membayar uang SP3 paling tinggi loh yaaa..... tiap-tiap jurusan punya nilai minimum pembayaran SOP dan SP3 yang berbeda-beda, kalian bisa lihat selengkap-lengkapnya disini (di link itu juga ada pembayaran untuk jalur snmptn dll).



TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
  1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web ppmb unair di http://pendaftaran.unair.ac.id/pengambilan_voucher.php
  2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PPMB-Unair sesuai Jadwal yang telah ditentukan melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) , dengan membawa nomor voucher.
  3. Pastikan Kelompok Ujian yang Dituju kepada pihak Bank Mandiri (IPA / IPS / IPC), Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pilih bayar atau pembelian pendidikan => - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => cek data di layar tekan 1 (IPA), 2 (IPS), 3 (IPC) muncul tampilan konfirmasi ok dst....
  5. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
    1. Nomor voucher.
    2. PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri.
    3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC), masing - masing pilihan terdiri dari :
      • IPA : 2 pilihan Program Studi.
      • IPS : 2 pilihan Program Studi.
      • IPC : 4 pilihan Program Studi, dengan minimal 1 pilihan dari IPA atau IPS.
    4. Waktu transaksi.
  6. Buka pendaftaran online PPMB Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id/, akan terlihat halaman login.
  7. Masukkan Nomor Voucher dan PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
  8. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.
 *ini aku copas dari webnya


Memang sih, sebelum tes jalur mandiri dilakukan, kita DIWAJIBKAN melakukan verifikasi, jadi kalian disuruh mengisi form yang bisa didownload di website tadi,


VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN Calon peserta diminta hadir di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C, Jl.. Mulyorejo Surabaya sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar pas foto berwarna 4 x 6
  2. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  3. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK (2011,2012) yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli) atau
  4. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (Lulusan 2013:dengan menunjukkan dokumen asli).
  5. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2013 asli dan fotokopi.
  6. Bagi Peserta yang tidak membawa ijasah legalisir/SKHU harus download surat pernyataan kesanggupan kelengkapan berkas,
  7. Download Surat Pernyataan Kesediaan << Klik
  8. Fotokopi Kartu identitas (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Kartu Keluarga) peserta yang masih berlaku.
  9. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
  10. Mengisi dan membawa Form Pernyataan SP3 (Rangkap 2) yang sudah bermaterai ditandatangani orang tua / wali calon mahasiswa.
    Download Form SP3
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto. SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari. CETAK KARTU PESERTA
  1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
  2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.
  *ini juga copas dari web tadi ^^




nah disitu kan ada download form SP3, itu isinya kurang lebih orangtua kalian sanggup membayar berapa biaya SP3 itu tergantung penghasilan orang tua kalian. Jadi NGGAK ADA YANG MENGHARUSKAN KALIAN MENGISI KESANGGUPAN BAYAR SP3 SEBANYAK-BANYAKNYA BIAR BISA DIPRIORITASKAN MASUK UNAIR JALUR MANDIRI. Toh akhirnya ada tesnya, dan berapapun kalian membayar SP3 (asal sesuai ketentuan minimum yang tertera di web tadi) nggak ada yang namanya prioritas. Jadi, kalo kalian bisa mengerjakan soal-soal Ujian Jalur Mandiri UNAIR dengan baik dan benar, ya kalian lolos, yang diprioritaskan ya yang nilai Tes Masuk Jalur Mandiri Unair-nya lebih tinggi...

Aku pernah denger-denger cerita, kata temenku ada salah satu kakak kelasku waktu SMA yang terkenal emang anaknya konglomerat, dia pengen masuk Pendidikan Dokter Unair yang terkenal dengan persaingannya super ketat tapi dia gak keterima snmptn tulis, akhirnya dia ikut tes Jalur Mandiri, kalian tahu dia ngisi berapa di form kesanggupan bayar SP3nya ? katanya sih dia ngisi 750juta padahal SP3 minimum untuk jalur mandiri kedokteran itu cuma 150juta (taun2012), tapi ternyata dia GAK keterima loh.. Kenapa? ya mungkin karena nilai hasil tes jalur mandiri-nya lebih rendah/kalah tinggi sama pesaing2nya. Jadi dari situ bisa kebukti kan kalo berapapun biaya yang kalian isikan di SP3 jalur mandiri itu tidak berpengaruh kepada diterima atau tidaknya kalian di UNAIR.
***
Berdasarkan pengalaman aku sendiri masuk UNAIR jurusan Ilmu Administrasi Negara juga karena saran dari ayahku :) Waktu itu kami mengisi form SP3 sesuai JUMLAH MINIMAL yang tertera di webnya tadi, yaitu 15juta.. dan aku keterima kok :''' ya aku jelas bersyukur lah, soalnya aku mikirnya dulu juga yang bayar SP3 lebih tinggi dia yang lebih diprioritaskan dan aku pesimis waktu itu, eh ternyata nggak ngaruh kan... :) ternyata aku waktu tanya temen2ku juga banyak yang ngisi minimal kok..
Jadi buat kalian yang nggak keterima Jalur SBMPTN tahun 2013 ini jangan kecewa dan putus asa ya, masih banyak jalur-jalur lain yang terbuka lebar untuk kalian, ingat ya kalo satu pintu tertutup akan terbuka 10 pintu lainnya.

DICOPY DARI adindazmarani dipos buat temen2 semua.

4 komentar:

  1. terimakasih kak infonya, lebih bisa mempersiapkan diri :-)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kak itu bayarnya bisa dicicil persemester atau tidak?

    BalasHapus
  4. kak, kan saya udh selesai diverif trus udh dikasih kode vouchernya tp bank tujuannya kemana ya?
    makasih

    BalasHapus