Jumat, 14 Juni 2013

Daftar Ulang Unesa Rp 2,8 Juta hingga Rp 4,2 Juta

Surabaya Metro Selasa, 28 Mei 2013 20:04 WIB

SURYA Online, SURABAYA – Ketentuan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menetapkan biaya sekitar Rp 2,8 juta hingga Rp 4,2 juta di semester pertama. Jumlah tersebut adalah nilai uang kuliah tunggal (UKT) kategori tiga yang sudah ditetapkan Mendikbud.

Ketua Humas Unesa Suyatno mengungkapkan, UKT kategori tiga ini dipakai menyeluruh untuk semua calon mahasiswa baru di semua jurusan.
Proses pembayaran bisa dilakukan mulai 17-19 Juni 2013 di Cabang BTN di seluruh Indonesia atau kantor kas BTN di Kampus Unesa Ketintang.

Sementara daftar ulang dilakukan tanggal 18-19 Juni 2013 pukul 08.00 hingga 15.30 WIB di Gedung Serbaguna, Kampus Ketintang, Surabaya.

"Saat daftar ulang harus menunjukkan kartu tanda peserta masuk SNMPTN 2013, menyerahkan pasfoto berwarna 4x6 cm, fotokopi ijazah/STTB dan hasil unas serta melakukan pemeriksaan kesehatan di Poliklinik Unesa," terang Suyatno yang juga dosen jurusan Sastra Indonesia.

Kategori tiga ini hanya berlaku serempak di semester pertama. Semester berikutnya menunggu hasil evaluasi pengelompokan kategorisasi UKT setiap mahasiswa.

Penentuan UKT semester berikutnya akan dilihat dari bukti-bukti asli yang harus diserahkan di antaranya kartu keluarga, bukti pekerjaan orangtua berupa SK, SIUP, Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah, penghasilan orangtua yang disahkan oleh instansi tempat bekerja, tagihan/ pembayaran listrik tiga bulan terakhir, tagihan/pembayaran PBB tiga tahun terakhir atas nama yang terdaftar di kartu keluarga, daftar tanggungan yang masih sekolah, tagihan/pembayaran air (PDAM) tiga bulan terakhir serta tagihan/pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) baik mobil maupun sepeda motor atas nama yang terdaftar di kartu keluarga.

"Jadi, tidak hanya penghasilan keluarga yang menentukan besarnya UKT. Semua indikator menjadi pertimbangan tim untuk menentukan UKT per siswa,"kata dosen yang jago menulis sastra anak.

Dengan UKT ini dipastikan biaya awal kuliah lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Namun, di semester-semester berikutnya diperkirakan lebih berat.

Seperti di Unesa, jika sebelumnya daftar hulang bisa sampai Rp 5 hingga Rp 6 juta, kali ini maksimal hanya Rp 4,2 juta. Namun, semester berikutnya bagi yang masuk kelompok empat maksimal Rp 5,1 juta dan kelompok lima maksimal Rp 6 juta per semester.

Hal itu beralasan karena UKT ini membagi seluruh biaya kuliah hingga lulus dalam delapan semester.

Bagaimana dengan mahasiswa yang melampaui delapan semester? Yatno memastikan biaya kuliah yang dibayarkan semakin besar karena mereka tetap membayar biaya kuliah di semester-semester berikutnya dengan nilai sama dengan semester satu hingga delapan.

Penulis : Musahadah
Editor : Parmin
Share on Facebook

1 komentar:

  1. Sip gan.. Informasinya sangat bermanfaat, mari pelajari soal psikotes untuk menembus lowongan kerja bumn.

    BalasHapus